05 Mei 2009

Instal Windows XP Bermasalah

Kemarin, Gw mendapat panggilan untuk membasmi virus di komputer bagian administrasi akademik kemahasiswaan yang jadi error. Spek komputer : Mobo Asus P4SP-MX, RAM 256, PIV 2,4 Ghz, HDD Seagate barracuda 40GB. Pada Komputer tersebut telah terinstall AVG 8.0, yang masih aktif diupdate. Tapi tuh virus lebih pinter dari AVG. Emang virus lokal mah agak telat dideteksi sama AVG. Tapi Kalo buat proteksi realtime mah AVG sangat membantu.

Balik ke pembasmian virus. Komputer dicek dulu apakah virusnya berjalan di program background pake program The killer machine. Ternyata ada file virus yang aktif. Ada sekitar 3 Virus yang aktif, diterminate, beres. Terus Komputer discan pake antivirus portable (Berurutan) Smadav, Dr.Web, Ansav Dan PCMav. Semuanya Mendeteksi adanya virus di berbagai folder. Virus yang terdeteksi sekitar 1350-an virus (banyak bgt). Rupanya komputer ini sudah terjangkit komplikasi virus. Ada sekitar 5 jenis virus yang dideteksi. Beres diclean, dicoba stabilitas Systemnya dengan cara menjalankan berbagai program yang biasa dipakai. Ternyata System sering crash. Akhirnya diputuskan untuk clean install aja, karena systemnya sudah tidak normal.

Mulai Clean Install pake Windows XP SP2. Pas bagian copy file ke harddisk, installer menampilkan error file tidak dapat dicopy karena kemungkinan cdnya error. Dari beberapa pengalaman menginstall, hal ini bisa diakibatkan oleh :
  1. CD Emang error/tergores. Dalam kasus ini gak mungkin karena dah dicoba pake 3 CD lain yang normal kalo dipake install di komputer lain.
  2. Kabel data HDD/CD ROM kendor atau kurang pas masuk ke slotnya
  3. Harddisk Bad Sector
  4. RAM yang bermasalah
GW Pake kemungkinan keempat, Cabut RAM, bersihkan pake penghapus, pasang kembali, coba lagi clean install. Beres gak ada masalah, copy file selesai. Komputer terus restart yang pertama dalam proses install. Tampil logo windows XP dan progress bar di bawahnya. 10 detik kemudian komputer hang!!. Progress bar berhenti (???). Tombol reset ditekan, komputer restart kembali, tampil logo windows, Progress bar, dan hang pada sekitaran detik ke 10. Gejala apa ini?? bingung!! Gak hilang akal, coba ganti RAM pake RAM cadangan. Restart Lagi, sama juga hasilnya. Kemudian berturut-turut komponen yang dicoba ganti adalah : kabel data, power supply, dan Harddisk yang membuahkan Hasil yang sama saja. Setelah beberapa lama ngaso, iseng-iseng nyoba Install windows 98 SE di komputer tersebut. Hasilnya instalasi lancar gak ada masalah. Nah sampai step ini, GW mikir kenapa gak diupgrade aja ke windows XP SP2. Dah Gw upgrade aja... Proses berjalan normal sampai proses restart yang pertama. Ternyata hasilnya hang juga pada sekitaran detik ke 10. Ampun dah... Penasaran, Gw coba boot komputer lewat safe mode. Proses berhenti pada file mup.sys. Stuck disitu rupanya.

Akhirnya GW googling, cari info kenapa komputer ini memiliki gejala aneh. Dapet hasil yang katanya masalahnya adalah sbb :
  • Harddisk error atau corrupt --> rasanya nggak, soalnya sudah dicoba dengan harddisk yang lain
  • Registry yang corrupt --> Tidak, soalnya udah berkali-kali clean install yang gagal terus
  • Ada hardware baru yang terinstall, tetapi belum sepenuhnya terconfig
  • Hardware baru terpasang tetapi gagal berfungi
  • Driver hardware baru atau windowsnya sendiri corrupt oleh virus atau kadang-kadang perlu diupdate
  • Power supply error
  • BIOS\ESCD atau chipset Motherboard konflik dengan komponen, driver, atau data registry
  • Hardware atau motherboard rusak, tetapi masih bisa berfungsi (secara tidak normal tentunya)
Berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang dapat dicoba untuk memperbaiki komputer dengan permasalahan tersebut di atas.
  1. ESCD Corrupt, Cobalan me-reset ESCD atau mengubah setting ACPI pada BIOS. Jika tidak ada cara mereset lewat BIOS, Reflash BIOSnya (beresiko tinggi bagi orang awam)
  2. Jika System dioverclock, kembalikan ke kondisi standar
  3. Jika ada USB device terkoneksi, cabut dahulu device tersebut sebelum komputer booting.
  4. Jika ada device yang terkoneksi ke serial atau paralel port, cabut juga alat tersebut sebelum booting.
  5. Jika ada hardware termasuk PCI, PCI-E, ISA Card, RAM tambahan, cabut dulu alat tersebut.
  6. Cek semua tegangan power supply. Jika tegangannya 7% di atas/di bawah normal, atau PSU kapasitas 350 watt yang sudah berumur > 5 tahun, cobalah diupgrade menjadi 500 watt.
  7. Cobalah booting komputer dengan perangkat seminimal mungkin terconect ke motherboard.
  8. Kerusakan motherboard, chipset, Jalur PCB, atau kapasitor yang 'hamil'
Dari beberapa kemungkinan di atas, yang paling mendekati adalah ESCD corrupt, yang cara memperbaikinya dalah dengan flashing BIOS. Kemungkinan tersebut karena memang baterai CMOSnya sudah habis, sehingga mungkin ESCD corrupt.

Akhirnya gw dapat ide, mungkin pake windows xp service pack 1 bisa, karena pake win 98 se jalan lancar. Asumsi Gw, walaupun win xp dan win 98 core-nya jauh berbeda, tetapi sepertinya win xp sp 1 corenya yang paling mendekati win 98 se, dalam artian pasti insinyur Microsoft masih kepikiran sama core win 98 waktu bikin win xp versi awal (Asumsi yang aneh :)). Ternyata clean install pake Win XP Sp 1 bisa dilakukan sampai selesai.... Aneh banget!!!! Setelah itu selesai, tuh komputer gak berani gw upgrade ke Win XP SP2 atau SP3. Udah lah biarin pake Sp 1 aja, walaupun banyak celah keamanan disitu.

Tidak ada komentar: